Meningkatkan Konsumsi Iron (Besi)

food-to-increase-haemoglobinApa anda menderita Anemia? Yang ditandai dengan merasa lelah meskipun banyak tidur, merasa lemah meskipun Anda makan banyak dan kulit Anda terlihat lebih pucat dari biasanya.

Anemia adalah masalah kesehatan yang paling umum pada wanita dan anak-anak. Penyebab paling umum dari anemia adalah kekurangan zat besi, yang merupakan nutrisi penting bahwa tubuh kita memperoleh dari makanan.

Besi ditemukan dalam hemoglobin, protein yang membentuk 35% dari sel-sel darah merah kita. Besi diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, untuk menjaga kita merasa energik dan memastikan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Jumlah harian zat besi yang dibutuhkan bervariasi untuk pria, wanita, dan anak-anak. Zat Besi bisa sulit untuk didapatkan dari makanan dan oleh karena kekurangan zat besi sangat umum.

Capture

Tabel: NIH

Ada dua jenis besi, dan mereka berasal dari sumber makanan yang berbeda.

  1. Besi heme – ditemukan dalam makanan seperti daging merah, unggas, makanan laut, jeroan (misalnya ginjal, hati) – umumnya makanan yang berasal dari hewan.
  2. Besi non-heme – besi ini dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, lentil, roti gandum dan sereal, sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, biji-bijian dan telur.

Per kalori, kacang-kacangan dan sayuran hijau merupakan sumber zat besi yang baik terutama, bahkan lebih baik daripada daging. Namun, ada masalah penyerapan zat besi. Besi non-heme yang ditemukan dalam makanan nabati  tidak diserap sebaik zat besi heme oleh tubuh. Sebagai perbandingan: 15-35% besi heme diserap oleh sistem pencernaan kita, sementara hanya 2-20% besi non-heme diserap. Meskipun demikian, vegetarian tidak memiliki insiden yang lebih tinggi dari kekurangan zat besi dibandingkan pemakan daging.

Ada faktor-faktor tambahan yang dapat menghambat atau meningkatkan penyerapan zat besi non-heme:

  • Teh dan kopi mengandung senyawa alami seperti kafein dan tanin yang dapat menghambat penyerapan zat besi non-heme.
  • Vitamin C, di sisi lain, dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan penyerapan zat besi non-heme:

  • Tambahkan paprika, kubis dan tauge untuk sup, aduk kentang goreng dan salad
  • Mengkonsumsi makanan penutup berdasarkan buah setelah makan
  • Menambahkan buah segar di atas pancake gandum
    memeras lemon pada hidangan ikan Anda.

sumber: fooducate

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s