10 Hal tentang Madu

madu

 

Selama ini kebanyakan orang telah tahu bahwa madu dan gula adalah pemanis. Madu asli umumnya tidak sepenuhnya manis, namun agak pahit. Madu yang dijual kebanyakan telah diberi pemanis agar nikmat saat dikonsumsi. Namun adakah yang tahu diantara madu dan gula, pemanis mana yang lebih baik? Berikut 10 hal mengenai madu dan beberapa perbedaan gula dan madu yang dikutip dari sebuah artikel.

 

1. Madu adalah satu-satunya makanan manusia yang dihasilkan oleh serangga.

2. Setelah mengumpulkan nektar dari bunga, lebah kembali dengan perut penuh ke sarang, di mana mereka akan mengubah “jus manis” menjadi madu. Lebah menambahkan enzim pada nektar untuk mengurangi kelembaban dan melestarikannya. Mereka kemudian memuntahkan dan hasilnya adalah … madu.

3. Madu bukanlah makanan standar. Warnanya bervariasi dari hampir jelas untuk coklat gelap. Konsistensi madu berkisar dari hampir berair ke “crystallized goop”. Perbedaannya berasal dari jenis bunganya.

4. Dari perspektif makro-nutrien, madu setara dengan gula meja (sukrosa). Baik memiliki protein atau lemak. Satu porsi satu sendok madu adalah 64 kalori, dan mereka semua dari 16 perusahaan gram gula.

5. Madu memang berbeda dari sukrosa dalam komposisi gula tersebut. Sementara gula meja adalah glukosa 50% dan 50% fruktosa, madu adalah glukosa hanya 35% dan 40% fruktosa. Sisanya 25% dari gula adalah campuran, termasuk maltosa, galaktosa dan gula rantai panjang yang membutuhkan anak laki-laki lebih banyak usaha untuk memecah dalam saluran pencernaan.

6. Indeks glikemik rata-rata madu adalah 55, yang sedikit lebih rendah dari sukrosa, pada 68. Untuk glukosa murni sebesar 100.

7. Tidak seperti gula, madu memiliki kandungan mikro nutrien, tetapi nilai-nilai mereka sangat rendah, sehingga madu tidak bisa diandalkan sebagai sumber untuk salah satu dari mikro nutrien tersebut. Misalnya, gula tidak memiliki selenium, sedangkan madu memiliki 0,2 mikrogram. Kebutuhan sehari-hari kita adalah 70 mikrogram, sehingga madu hanya akan menyediakan 0,3% dari nilai harian.

8. Madu mengandung berbagai macam antioksidan yang bermanfaat, sementara gula tidak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of California-Davis pada subyek manusia, konsumsi madu soba meningkatkan kehadiran polifenol (sejenis antioksidan) dalam aliran darah.

9. Madu mengandung jejak serbuk sari. Serbuk sari merupakan bukti mikroskopis bahwa cairan emas yang Anda konsumsi memang madu dan bukan produk mengobati. Sayangnya, sebagian besar madu yang dijual di AS yang diproses melalui panas dan ultra-filtering, ke titik di mana tidak ada kiri serbuk sari, tanpa meninggalkan cara untuk melacak asal madu. Untuk di Indonesia, produk madu alami masih bisa didapat dipetani ataupun tempat  tertentu.

10. Madu mentah dianggap lebih sehat di beberapa kalangan. Tidak ada definisi hukum untuk apa madu mentah sebenarnya. The National Honey Board, yang mewakili kepentingan semua produsen madu, meremehkan perbedaan. Namun, sebagian besar ahli akan setuju pada berikut: madu mentah tidak dipanaskan di atas 118 derajat Fahrenheit, dan tidak dapat diproses di luar ekstraksi dari sarang lebah dan tegang.

Intinya: Madu lebih dekat dengan gula daripada makanan kesehatan. Ada bukti yang memperlihatkan bahwa mungkin mereka memiliki beberapa manfaat kesehatan tambahan. Namun, dalam hal apapun, Anda harus membatasi konsumsi semua pemanis.

 

sumber: fooducate

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s